Berbagai Macam Jilid Buku

13 Feb

Jilid buku merupakan hal yang perlu dipilih ketika memesan buku. Terdapat pilihan jilid buku dengan berbagai ciri serta kegunaan masing-masing. Pada umumnya pada buku-buku penerbit besar menggunakan jilid lem panas. Namun jilid tersebut cenderung terlalu sederhana serta memiliki daya tahan yang kurang baik dibandingkan dengan jilid lainnya. Selain mempertimbangkan desain, kita juga perlu mempertimbangkan bagaimana jilid tersebut.

Baca juga: Pertimbangan warna dalam melakukan desain

Link Produk Cetak Buku Mulai dari Rp. 17.000

Hal terakhir yang perlu diperhatikan sebelum naskah anda menjadi buku adalah cara jilid buku dalam proses finishing. Proses finishing meliputi berbagai macam proses penjilidan, sampai akhir untuk mengetahui berbagai macam teknik jilid buku yang sering digunakan untuk finishing  dipercetakan.

Berbagai macam cara adalah sebagai berikut:

  • Teknik jilid kawat (steples)
  • Teknik jilid spiral (comb binding)
  • Teknik jilid benang (swen binding)
  • Teknik jilid lem panas (perfect binding)

Teknik-teknik jilid buku dan dokumen mempunyai sejarah yang sangat panjang. di era awal, buku konvesional terdiri dari lembaran papirus, sejenis tumbuhan yang merupakan bahan pembuat kertas yang digulung dan memanjang. selanjutnya proses penjilidan buku mengalami perubahan dari yang dulunya gulungan papirus yang memanjang menjadi lembaran terpisah yang terbuat dari kulit hewan sebagai sampulnya. sampul tersebut diikuti dengan lembaran daun yang telah dikeringkan sebagai isinya lalu dilipat kemudian disusun menjadi beberapa bagian bedasarkan ukuran tertentu, susunan tersebut lalu dijahit hingga terbentuklah sebuah buku.

Teknik kawat (steples)

Cetak buku dengan kawat staples merupakan jenis binding yang paling mudah dibandingkan dengan lainnya. Selain dengan bahan yang sederhana, binding ini juga cenderung lebih cepat dibandingkan dengan binding lain. Walaupun sederhana, namun binding ini banyak dijumpai apabila buku tipis. Selain terlihat lebih simple binding ini juga terliat lebih rapi dan kuat.

Link Produk Cetak Buku Mulai dari Rp. 17.000

Teknik spiral (comb binding)

Binding dengan jenis spiral ini digunakan ketika desain ingin terlihat full page. tidak seperti binding lainnya yang desain terpotong oleh margin dari binding tersebut. Walaupun desain tidak terpotong, namun perlu disesuaikan karena jilid butuh m

Teknik benang (swen binding)

Jilid buku benang atau binding jahit banyak djumpai pada buku-buku yang sangat tebal seperti kamus atau kitab. Diantara yang lain, jilid ini merupakan jilid yang paling sulit. Disamping karena masih belum banyak mesin full otomatis, pada jilid ini juga perlu ketelitian agar hasil maksimal.

Teknik lem panas (perfect binding)

Jenis jilid ini banyak digunakan oleh penerbit-penerbit besar. Selain karena proses yang mudah, hasil juga terlihat rapi dan eksklusif. Biasanya toko buku besar banyak menggunakan jenis binding ini.

Marketplace

Tokopedia | Shopee

Hubungi Kami

Whatsapp